Yuk Simak Penyebab, Gejala, dan Pencegahan Covid-19

Sejak akhir tahun 2019 lalu, hampir seluruh dunia termasuk juga Indonesia dilanda oleh wabah penyakit yang disebabkan oleh Covid-19. Virus ini merupakan salah satu jenis Virus Corona, yang dapat menginfeksi sistem pernapasan. Pada beberapa kasus, virus ini juga bisa mengakibatkan infeksi pernapasan berat, seperti pneumonia, MERS, dan SARS. Penyebab infeksi penyakit ini yaitu akibat dari Virus Corona, yang menyebar seperti virus lain pada umumnya.

Cara Virus Corona Menular

Terdapat dugaan bahwa awalnya Virus Corona ditularkan dari hewan lalu ke manusia. Namun, kemudian diketahui informasi bahwa virus ini bisa menular juga dari manusia ke manusia lainnya. Seseorang bisa tertular Covid-19 melalui berbagai cara seperti percikan air ludah orang yang positif terinfeksi, menyentuh barang yang terkena percikan air liur pengidap Covid-19, dan lain sebagainya. Virus ini memang sangat mudah menular ke orang lain.

Penyebab Gejala dan Pencegahan Covid

Masa inkubasi Virus Corona secara pasti memang belum diketahui. Namun gejala yang timbul rata-rata terjadi setelah 2 hingga 14 hari setelah virus pertama kali masuk ke dalam tubuh. Itu sebabnya, orang-orang yang sempat berinteraksi dengan orang pengidap Covid, harus melakukan isolasi kurang lebih 14 hari. Agar memastikan individu tersebut tidak tertular dan terinfeksi Virus Corona.

Di samping itu, metode transmisi dari Covid-19 juga masih belum diketahui secara pasti. Virus Corona ini juga sebenarnya jarang sekali berevolusi, atau menginfeksi pada manusia dan menyebar ke manusia lainnya. Namun, kasus yang pertama kali terjadi di Tiongkok ini menjadi bukti nyata jika virus tersebut dapat menyebar dari hewan dan menjangkit manusia. Bahkan kini penularannya dari manusia ke individu lainnya.

Gejala Virus Corona

Virus Corona dapat menimbulkan berbagai gejala pada orang yang terinfeksi. Gejala yang timbul ini juga bergantung pada jenis virus corona yang menyerang. Serta seberapa serius infeksi yang terjadi. Beberapa gejala yang terbilang cukup ringan yaitu sakit tenggorokan, batuk, demam, sakit kepala, merasa tidak enak badan, dan hidung beringus. Beberapa Virus Corona bahkan dapat menyebabkan gejala yang cukup parah.

Bahkan untuk jenis Covid-19 yang kini masih mewabah di masyarakat, infeksinya dapat berubah menjadi pneumonia atau infeksi paru-paru akut. Dengan gejala seperti demam yang cukup tinggi, batuk yang berlendir kental, sesak napas, serta nyeri di dada dan merasa sesak saat batuk atau bernapas. Infeksi ini bahkan bisa menjadi lebih parah ketika menyerang kelompok individu tertentu. Seperti orang dengan penyakit bawaan, bayi, dan lansia.

Pencegahan Virus Corona

Sampai dengan saat ini, masih belum ditemukan vaksin untuk mencegah infeksi dari Virus Corona. Namun, setidaknya terdapat beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengurangi risiko tertular virus ini. Yaitu sering-sering mencuci tangan dengan menggunakan sabu dan air selama kurang lebih 20 detik hingga bersih. Lalu hindari menyentuh area wajah saat tangan masih dalam keadaan kotor, atau belum dicuci.

Penyebab Gejala dan Pencegahan Covid

Sebaiknya juga hindari menyentuh hewan liar, karena anda tidak tahu penyakit apa yang dibawa oleh hewan tersebut dan bisa jadi menjadi penyebab dari tertular Virus Corona. Di masa-masa seperti ini juga sebaiknya selalu gunakan masker ketika berada di luar rumah, dan selalu bersihkan dan sterilkan permukaan benda yang sering anda gunakan. Dengan melakukan upaya-upaya tersebut diharap dapat mengurangi dan menekan laju penyebaran virus.

Penjelasan mengenai Virus Corona memang tidak ada habisnya, bahkan para ahli pun tidak berhenti melakukan penelitian terkait dengan virus satu ini. Vaksinnya juga belum berhasil ditemukan sampai sekarang. Sehingga hal yang dapat anda lakukan yaitu berusaha mengurangi risiko penyebaran virus dengan cara mengikuti protokol kesehatan yang telah diimbau oleh pemerintah dan sesuai dengan anjuran WHO.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *