Yuk Intip Cara Menghitung Pajak Bunga Deposito Dan Tips Memilihnya

Deposito menjadi salah satu bentuk investasi yang banyak diminati oleh sebagian orang. Merupakan produk bank yang berupa tabungan, namun deposito memiliki perbedaan dengan tabungan biasa. Hal ini dikarenakan nasabah yang menyimpan uang cukup besar akan bisa mendapatkan suku bunga yang menguntungkan. Kali ini akan diulas cara menghitung pajak bunga deposito dan juga tips untuk memilih deposito.

Cara Penghitungan yang Perlu Anda Tahu

Dasar hukum dari pajak bunga deposito ini merupakan semua pendapatan yang mencapai besaran presentase sebanyak 20 persen. Dimana memiliki minimum tabungan yakni sebesar 7, 5 juta rupiah. Tak hanya itu saja, pajak tersebut pun juga berlaku pada deposito yang dimasukkan kepada bank di dalam maupun luar negeri. Sedangkan untuk suku bunga deposito sendiri pada setiap bank akan mengalami perubahan di dalam periode waktu tertentu.

pajak bunga deposito itu

Dimana untuk mendapatkan keuntungan ini, nasabah nantinya akan bisa memilih bank yang akan menawarkan suku bunga dengan yang lebih tinggi. Untuk pajak deposito akan dihitung yakni 20 persen dai total jumlah bunga yang diterima oleh nasabah. Dengan begitu, penghitungan pajak akan dilakukan secara langsung pada suku bunga tidak terhadap jumlah deposito secara keseluruhan.

Adapun cara menghitung pajak bunga deposito dapat diilustrasikan sebagai berikut. Apabila anda memiliki jumlah tabungan yakni 100 juta rupiah dan juga suku bunga 5 % per tahun, maka nantinya bunga deposito per tahunnya adalah 100 juta dikali 5 persen. Dimana akan mendapatkan 5 juta rupiah. Kemudian, untuk deposito per bulannya yakni hasil tersebut dibagi menjadi 12 sehingga akan menghasilkan Rp 416.666.

Nantinya, pajak deposito per bulannya akan memiliki jumlah yakni 20% dikalikan dengan Rp 416.666. Dimana akan memiliki hasil yakni sekitar Rp 83.333. Sehingga jika digabungkan menjadi pajak deposito maka per tahunnya anda akan membayar Rp 999.998. Maka jumlah deposito setelah dikurangi pajak akan menghasilkan jumlah yakni Rp 104.000.000.

Tips Dalam Memilih Deposito

Ketika anda memilih deposito sebagai bentuk investasi yang bisa anda lakukan, maka hal ini tentunya akan memiliki resiko yang tergolong kecil. Namun sebelum memilih bank, ada beberapa hal yang perlu untuk anda perhatikan. Dimana anda perlu untuk memilih bank yang sehat. Meskipun banyak terdapat bank yang menawarkan suku bunga yang menggiurkan, namun anda lebih baik memilih bank yang sehat dan memiliki reputasi yang cukup baik.

Pajak Bunga Deposito

Sehingga hal tersebut akan mampu menjamin keamanan pada uang yang kamu simpan. Selain itu, anda pun juga perlu untuk memilih bank yang memiliki layanan yang luas. Hal ini dikarenakan tak menutup kemungkinan bahwa nantinya anda akan bisa berganti domisili ketika deposito masih berjalan. Untuk itu, agar pencairan dana lebih mudah maka sebaiknya anda memilih bank yang memiliki cakupan wilayah yang luas.

Sehingga nantinya anda pun bisa tetap memantau dan juga mengurus pencairan dana meskipun sedang tidak berada di kota awal tempat anda membuka rekening deposito. Untuk itu dengan mengetahui tips memilih deposito yang tepat akan membuat anda lebih nyaman ketika nantinya mengambil investasi yang anda tanamkan tersebut.

Itulah cara yang biasanya digunakan untuk menghitung pajak bunga dari deposito. Selain itu, anda pun juga perlu untuk mengetahui bagaimana cara pengelolaan bnga yang ditawarkan oleh pihak bank. Anda pun perlu pintar pintar memilih bank seperti apa yang akan bisa untuk anda jadikan tempat membuka rekening deposito.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *