Wajib tahu! Berikut Manfaat Adanya Kode Saham di Bursa Efek Indonesia

Sebagai seorang investor saham, pastinya anda akan familiar dengan berbagai kode saham dari emiten yang telah resmi berada di bawah pengawasan Bursa Efek Indonesia (BEI). Kode ini akan semakin memudahkan investor dalam memilih untuk membeli atau menjual lembar sahamnya. Ciri kode beragam dan berbeda beda. Lebih lengkapnya simak pada ulasan berikut.

Manfaat Adanya Kode Sekuritas

1. Simpel dan Tidak Menghabiskan Ruang

Penggunaan kode digunakan untuk mempersingkat nama perusahaan pasar modal agar mempermudah dalam mengingatnya. Penggunaan kode ini khusus pada perdagangan pasar modal yang telah resmi dan memiliki legalitas di bawah pengawasan Bursa Efek Indonesia (BEI). Sehingga sudah terjamin bahwa pada perusahaan tersebut aman dan resmi.

Kode Saham di Bursa Efek

Dengan memiliki legalitas dan telah mendapat pengakuan resmi secara hukum, perusahaan sekuritas tersebut telah memiliki hak untuk dapat menggunakan sistem dan sarana yang disediakan oleh Bursa Efek Indonesia. Namun dengan tetap mengikuti peraturan yang telah disepakati antara kedua belah pihak, yaitu perusahaan sekuritas dan Bursa Efek Indonesia.

Kode ini dibuat sesimpel mungkin dan berisikan singkatan saja. Sehingga akan lebih menghemat kolom pada layar utama yang menunjukkan grafik dari perkembangan saham. Apabila kode ini ditulis dengan lengkap tentu akan memerlukan banyak ruang dan mengganggu halaman utamanya. Oleh karenanya, digunakan kode sekuritas yang singkat dan simpel.

Karena pada setiap monitor yang berada di kantor broker, bursa efek hingga meja para praktisi bursa terdapat banyak sekali kolom yang berisi variabel pada perdagangan saham seperti harga yang terendah, tertinggi, average, presentase perubahan dan sebagainya, serta variabel lainnya seperti volume, nilai, dan frekuensi. Sehingga tidak tersedia banyak ruang lagi.

2. Mempercepat Proses Transaksi

Salah satu ciri – ciri dari kode untuk saham ini adalah memiliki 4 huruf kapital. Ada berbagai perusahaan yang menggunakan kode unik yang beragam. Jenis kode pertama adalah kode yang mirip dengan nama panjang perusahaan, atau bahkan bisa dibilang singkatan dari nama panjang perusahaan tersebut. Contohnya adalah PT. Bank Central Asia Tbk, memiliki kode BBCA.

Selain itu ada jenis kode yang tidak mirip dengan nama perusahaannya tetapi mirip dengan nama produk yang mereka produksi. Contohnya pada PT. Mulia Boga Raya Tbk yang memiliki produk utama Keju Prochiz memiliki kode sekuritas KEJU dan PT. Era Mandiri Cemerlang Tbk perusahaan dalam bidang perikanan memiliki kode sekuritas IKAN.

Nama tersebut akan mudah untuk diingat dan membuat orang tidak perlu repot untuk menuliskan nama perusahaannya yang panjang. Namun singkatan perusahaan juga bisa tidak memiliki huruf yang selaras dengan nama perusahaannya. Nama yang dimiliki pun berbeda jauh dengan huruf nama panjang perusahaan. Sehingga anda perlu teliti untuk mengingatnya.

3. Pengolahan Data Menjadi Lebih Baik

Dalam pengolahan data saham, akan diperlukan langkah penting dimana harus memasukkan kode sekuritas. Apabila dilakukan dengan memasukkan nama lengkap dari perusahaan akan membuat kerepotan dari pihak investor maupun trader. Sebab itu, penggunaan kode yang hanya terdiri dari 4 huruf akan memudahkannya dan lebih praktis.

Menambah Kriteria Notasi Pada Kode Saham Emiten Yang Mengalami Persoalan

Dalam mengoperasikan investasi saham, akan banyak proses yang perlu dilakukan. Termasuk memasukkan data – data yang berhubungan dengan saham. Penggunaan kode saham ini akan membuat pengolahan data menjadi lebih ringkas dan lebih cepat. Sehingga akan lebih mudah dicari apabila ada kesalahan atau sedang ingin mengoreksinya.

Itulah manfaat dari adanya kode sekuritas dari perusahaan pasar modal. Sebagai investor dalam dunia saham anda akan familiar dengan berbagai kode dari pihak sekuritas. Semakin sering melihatnya akan lebih memudahkan anda untuk mengenal kode tersebut dan bisa mengingatnya. Dengan begitu akan memudahkan anda untuk mengolah dan mengoperasikan transaksi saham.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *