Tingginya Nilai Bitcoin Ke Rupiah Dan Cara Mengkonversikannya

Dengan adanya perkembangan zaman saat ini sudah banyak muncul mata uang digital di berbagai macam negara. Salah satu mata uang digital yang memiliki nilai cukup tinggi jika dirupiahkan yaitu Bitcoin. Nilai bitcoin ke rupiah sendiri yaitu mencapai sekitar 189.595.052,83 pada tahun 2020 ini. Dapat dikatakan bahwa nilai tersebut dari tahun ke tahun semakin meningkat. Meskipun pada dasarnya nilai bitcoin sendiri tidak terikat pada nilai mata uang dan terpusat pada suatu negara. Bahkan platfrom dari bitcoin sendiri tidak dapat menentukan nilai dari bitcoin tersebut. Nilai bitcoin ditentukan dari penjual dan pembeli yang melakukan transaksi bitcoin. Oleh karena itu, harga dari setiap platform bisa berbeda satu dengan yang lainnya. Nilai bitcoin yang dikonversikan rupiah dalam tampilan hasil pencarian Google sendiri merupakan nilai rata-rata yang yang diambil dari berbagai macam platform bitcoin.

Pembelian bitcoin sendiri tidak harus dilakukan secara serentak. Maksudnya pembeli bisa membeli bitcoin secara terpisah-pisah dan membeli dalam jumlah yang kecil. Karena pada dasarnya bitcoin sendiri sama dengan berbagai macam aset kripto lain yang dapat dipecah-pecah. Bitkoin dapat dipecah menjadi 8 bagian. Pembagian tersebut dikenal dengan istilah 8 desimal dengan unit yang paling kecil disebut dengan Satoshi. Bitcoin atau yang kemudian disingkat menjadi BTC ini merupakan uang digital yang muncul pertama kali pada tahun 2009. Pencipta dari bitcoin sendiri sampai saat ini belum dapat diverifikasi identitasnya namun dikenal dengannama samarannya yaitu Satoshi Nakamoto. Teknologi yang digunakan dalam bitcoin sendiri merupakan teknologi yang tidak kontrol terpusat dengan sistem peer to peer.

bitcoin ke rupiah

Saat ini bitcoin bisa menjadi salah satu metode transfer dalam jual beli jasa atau barang dan menyimpan uang. Terlebih banyak pihak yang sudah menggunakan bitcoin sebagai salah satu metode untuk transfer uang. Lalu apakah bitcoin ini dapat dikonversikan dalam bentuk rupiah? Tentu saja hal tersebut dapat di lakukan. Meskipun pengkonversian tersebut memerlukan beberapa tahap hingga dapat dirupiahkan. Berikut ini merupakan beberapa cara yang dapat dilakukan untuk dapat mengubah nilai Bitcoin menjadi rupiah.

1. Bantuan Pihak Ketiga

Salah satu cara yang banyak digunakan yaitu menggunakan metode pialang pertukaran dengan pihak ketiga. Pialang pertukaran atau yang biasa disebut dengan tempat pertukaran ini bisa menjadi salah satu tempat untuk menukarkan nilai bitcoin ke dalam bentuk rupiah. Meskipun sebelumnya nilai tersebut tidak bisa langsung dirupiahkan. Dirubah dalam bentuk Euro (Eropa) atau dalam bentuk mata uang yang USD. Caranya yaitu dengan mendepositkan bitcoin yang sudah dimiliki sebelumnya ke pialang pertukaran. Setelah pihak ketiga mengkonfirmasi bitcoin telah diterima maka dana dapat segera ditarik dengan mata yang dipilih. Dana dapat dicairkan ke dalam rekening Bank beberapa hari setelahnya.

penukaran bitcoin ke rupiah

2. Metode Peer-to-Peer

Cara lain yang dapat dilakukan untuk mengkonversikan bitcoin ke rupiah yaitu dengan metode peer to peer. Ini merupakan salah satu metode yang bisa digunakan jika ingin segera mencairkan dana tersebut. Karena menggunakan metode peer to peer ini tidak perlu menunggu beberapa hari seperti menggunakan metode pihak ketiga. Metode ini memungkinkan pemilik bitcoin untuk menjual bitcoin tersebut ke orang lain. Oleh karena itu, masalah pembayaran juga dapat ditentukan oleh kedua belah pihak. Beberapa metode pembayaran yang bisa dipilih seperti contohnya yaitu transfer antar bank, deposito uang, atau bahkan bisa menggunakan metode pertemuan secara langsung antara penjual dan pembeli.

Itu tadi beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengubah nilai bitcoin ke rupiah. Meskipun masih ada beberapa cara yang lainnya namun 2 cara tersebut merupakan cara paling umum yang banyak digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *