Mengintip 5 Resep Herbal Tradisional Untuk Mengobati Virus Corona

Pandemi virus corona seperti ini membuat sebagian orang beralih ke cara-cara alternatif sebagai upaya pencegahan agar tidak ikut tertular. Bahkan cara tersebut juga digunakan untuk menyembuhkan penyakit yang disebabkan oleh virus satu ini. Tumbuhan herbal menjadi salah satunya, karena pada tumbuhan ini diyakini memiliki khasiat tertentu. Meski belum terbukti secara klinis, tapi ada beberapa resep herbal yang bisa mengobati orang yang terdampak virus. Simak ulasannya berikut.

Resep Herbal Tradisional Untuk Pengobatan Virus Corona

1. Temulawak

Temulawak atau yang sering disebut dengan jahe jawa ini merupakan tanaman rempah yang berasal asli dari Indonesia. Tanaman satu ini selama berabad-abad telah diamati memiliki beberapa manfaat kesehatan, seperti meredakan mual, pusing, dan gejala flu seperti bersin-bersin dan batuk. Paling umum orang-orang menggunakannya untuk meningkatkan nafsu makan, terutama untuk anak-anak.

tradisional Untuk Mengobati Virus Corona harus tahu manfaat super dari temulawak

Biasanya temulawak ini diberikan kepada anak usia dini atau balita yang tidak memiliki nafsu makan. Sedangkan untuk pembuatannya sendiri, anda perlu menumbuk temulawak sampai hancur. Kemudian siapkan air untuk merebus temulawak tersebut. Dalam rebusan tersebut campur juga dengan asam dan gula aren. Tunggu hingga airnya tersisa setengah, sebagai tanda bahwa air telah mendidih.

2. Kunyit – Asam Jawa

Dalam resep makanan Asia, kunyit dan asam jawa sering menjadi bahan pelengkap agar lebih sedap. Selain itu, ternyata tanaman satu ini juga sering dijadikan sebagai minuman tradisional karena dipercaya memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan. Kunyit yang dikombinasikan dengan asam jawa, bisa dijadikan sebagai obat untuk meredakan nyeri haid, peradangan, tekanan darah tinggi, dan penyakit lainnya.

Banyak juga yang menggunakan resep minuman herbal satu ini untuk menurunkan berat badan atau menjadi minuman diet. Cara pembuatannya yaitu pertama-tama siapkan kunyit atau bubuk kunyit dan asam jawa. Masukkan kedua tanaman tersebut ke dalam air dan seduh dalam takaran yang sama. Kemudian tambahkan sedikit gula aren dan sedikit garam, tunggu hingga mendidih. Jika sudah mendidih, segera pindahkan ke dalam gelas dan hidangkan dalam keadaan hangat.

3. Beras Kencur

Pasti sudah tidak asing lagi mendengar beras kencur. Tentu saja minuman satu ini menjadi resep herbal favorit nomor satu oleh orang-orang Indonesia. Pasalnya, beras kencur selain bermanfaat untuk kesehatan, juga memiliki rasa yang segar dan lezat. Kencur dikenal sebagai jahe aromatik atau pasir jahe, di dalamnya juga kaya akan seng dan zat mineral lainnya. Sehingga banyak orang yang menjadikannya sebagai bahan umum untuk masakan tradisional atau resep obat.

4. Kumis Kucing

Tanaman satu ini sangat terkenal di kalangan orang Indonesia, karena sangat mudah untuk ditemukan. Selain itu, kumis kucing atau teh jawa ini sering digunakan dalam resep obat baik itu tradisional maupun modern. Sebenarnya ada berbagai resep dari tanaman ini untuk berbagai jenis gejala penyakit. Namun, sebagian besar menggunakannya untuk dijadikan teh yang bisa membantu mengobati diabetes, tekanan darah tinggi, demam, bahkan PMS.

tradisional Untuk Mengobati Virus Corona Manfaat Tanaman Kumis Kucing Untuk Kesehatan

5. Saraba

Resep yang terakhir ini merupakan khas dari Sulawesi Selatan. Penduduk setempat sering menikmati minuman ini tiap hari serta disaat acara-acara adat. Minuman satu ini mengandung sejumlah rempah-rempah, sehingga bisa membantu untuk menjaga tubuh tetap hangat saat cuaca dingin. Tak hanya itu, ternyata saraba juga diketahui dapat meredakan flu dan meningkatkan stamina serta kekebalan tubuh.

Dengan membuat salah satu dari resep herbal tradisional di atas, anda bisa menerapkannya untuk menangkal virus corona. Karena saat ini orang yang sudah terdampak virus satu ini semakin bertambah banyak. Dan apabila tidak dicegah mulai sekarang, maka virus ini akan terus menyebar dan kondisi tidak akan bisa kembali normal. Selain membuat resep herbal tersebut, anda juga bisa berbagai kegiatan untuk meningkatkan daya tahan tubuh anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *