Mengapa Orang Tanpa Gejala Bisa Sembuh Sendiri dari Covid-19? Cek Penjelasannya di Sini

Covid-19 merupakan Virus Corona jenis baru yang masih terus saja mengalami perkembangan. Gejala yang ditunjukkan oleh pasien yang positif terjangkit virus pun juga terus bertambah. Meski begitu, tidak semua pasien tersebut memiliki gejala yang sama, bahkan beberapa pasien juga ada yang mengalami tanpa gejala. Dan orang-orang tersebut dirasa lebih berbahaya karena mereka merasa dalam keadaan baik, dan bisa menularkannya pada orang lain.

Penyembuhan OTG

Terdapat beberapa kasus orang yang terjangkit Virus Corona tanpa menunjukkan gelagat apapun, dan diminta melakukan isolasi secara mandiri selama 14 hari di rumah. Lalu kemudian dinyatakan sembuh dengan sendirinya. Menurut koordinator Tim Respons Covid-19 dari Universitas Gadjah Mada, penyakit Covid ini adalah self limiting disease. Yang berarti akan sembuh dengan sendirinya, akibat dari munculnya kekebalan pada tubuh.

siapkan hotel untuk isolasi pasien kasus konfirmas tanpa gejala

Sehingga bagi orang yang memiliki gejala ringan, maupun tidak memiliki gejala perlu menjaga stamina tubuh dengan mencukupi asupan gizi yang baik. Istirahat dengan cukup, dan mengonsumsi multivitamin untuk daya tahan tubuh. Meski begitu, OTG juga tetap perlu melakukan isolasi secara mandiri di rumah dan menjaga jarak atau menerapkan physical distancing dengan orang lain. Termasuk juga dengan anggota keluarga yang memiliki penyakit bawaan atau usia lanjut.

Testimoni pada sejumlah pasien yang sembuh dari Virus Corona juga menekankan pentingnya imunitas tubuh untuk melawan virus. Selain itu, kondisi psikologis ternyata juga sangat penting untuk dijaga. Artinya, anda perlu menghindari stres serta menjaga suasana hati dan pikiran agar tetap positif. Karena kondisi psikologis yang tidak baik juga akan berimbas pada kondisi fisik. Sehingga kekebalan tubuh pun juga dapat ikut menurun.

Yang Harus Dilakukan Jika Tinggal dengan OTG

Pada pertengahan bulan April beberapa saat yang lalu, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona telah mengingatkan pada masyarakat agar waspada terhadap penularan Covid-19 dari OTG. Karena di sejumlah daerah, ditemukan beberapa kasus mereka yang positif terjangkit Covid ternyata tertular dari orang yang tidak menunjukkan gejala apapun. Namun saat diuji di lab statusnya tenyata positif terinfeksi Virus Corona.

Terinfeksi Virus Corona Tanpa Gejala

Lantas apa yang perlu dilakukan apabila anda tinggal serumah dengan orang yang berstatus OTG, atau memiliki tetangga yang tidak menunjukkan gejala namun telah dinyatakan positif Covid? Mereka yang berstatus OTG, maupun ODP dan PDP jangan lantas langsung didiskriminasi. Ketika terdapat orang tanpa gejala yang sedang melakukan isolasi mandiri, sesungguhnya mereka sedang berusaha melindungi orang lain agar tidak sampai tertular oleh dirinya.

Oleh karena itu, membantu kebutuhan diri mereka ketika melakukan isolasi mungkin dapat anda lakukan. Misalnya, dengan memenuhi kebutuhan sehari-hari. Karena untuk sementara waktu mereka tidak diperkenankan untuk ke luar rumah untuk berbelanja dan lain sebagainya. Maka anda dapat membantu mereka dengan mengantarkan barang belanjaan, atau langsung berupa makanan untuk mereka yang tengah melakukan isolasi.

Selain itu, berikan juga dukungan moral yang tepat agar semangat sembuh mereka semakin meningkat. Anda dapat menyapa mereka melalui aplikasi pesan tertulis atau menghubungi dengan sambungan telepon dan video call. Jangan biarkan mereka merasa tersisih dari masyarakat, karena Virus Corona ini merupakan musuh dari semua masyarakat. Virus tersebut adalah musuh yang sebenarnya, bukan orang yang terjangkit oleh virus.

Untuk itu, sebaiknya anda tetap selalu menggunakan masker ketika bepergian ke luar rumah. Dan ingat untuk cuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah melakukan aktivitas. Karena orang tanpa indikasi virus pun ternyata bisa saja positif terjangkit Covid-19, dan sangat mungkin untuk menularkannya kembali pada orang di sekitar. Selalu waspada, serta jaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan yang bergizi dan multivitamin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *