Macam Kuliner Kacang Merah

Salah satu dari golongan kacang-kacangan ini paling bisa diolah menjadi masakan yang pasti akan menggugah selera makan. Tak hanya digunakan sebagai campuran bahan untuk pembuatan sup saja, kini olahan dari kacang ini juga terdapat berbagai jenis. Ada yang mengolahnya menjadi es serut, cendol, bahkan ada pula yang mengolahnya menjadi es krim rasa kacang merah. Berikut jenis olahan dari kacang merah yang menyehatkan.

Resep Olahan Makanan Berbahan Kacang Merah

1. Sup

Untuk membuat sup ini, pastinya anda membutuhkan kacang merah. Namun, ada pula bahan tambahan lainnya seperti 1 liter kaldu ayam, 50 gram sedap malam kering, daun bawang iris, sebuah tomat, serta dua sendok makan bawang bombay cincang. Anda juga bisa menambahkan bayam, wortel atau sayuran lainnya yang disukai. Sedangkan untuk bumbunya, hanya memerlukan bawang putih, bubuk pala, merica, serta garam secukupnya.

Resep Sup Kacang Merah Sedap dan Banyak Nutrisi es krim rasa kacang merah

Sebelum memasaknya, kacang merah lebih baik direndam dulu selama kurang lebih 2 jam. Setelah itu, cuci dan rebus menggunakan air kaldu hingga setengah empuk. Kemudian lanjutkan dengan memasukkan wortel serta bumbu halus serta bawang bombay cincang. Jika sudah menimbulkan aroma yang sedap, maka anda tinggal memasukkan bayam, tomat dan sedap malam kering. Selanjutnya, aduk hingga tercampur serta masak hingga mendidih

2. Es serut kacang merah

Selain dijadikan makanan dengan cita rasa asin, kacang merah juga dapat diolah menjadi es serut yang menyegarkan. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat isian dari kudapan ini adalah kacang merah sebanyak 200 gram, air kurang lebih sebanyak satu liter, 2 lembar daun pandan, 150 gram gula pasir, serta tambahan garam secukupnya. Sedangkan untuk bahan pelengkapnya, hanya membutuhkan es serut dan susu kental manis rasa coklat.

Resep Membuat Es Kacang Merah es krim rasa kacang merah

Untuk bahan sausnya, anda hanya membutuhkan santan sebanyak 50 ml, satu lembar daun pandan, serta garam secukupnya. Jika semua bahan yang dibutuhkan telah terpenuhi, maka langkah selanjutnya adalah tinggal eksekusinya. Untuk membuat makanan segar ini juga tidak sulit, pertama anda harus merendam kacang merah selama satu hingga 2 jam lamanya, kemudian tiriskan.

Apabila sudah tiris, maka rebus kacang tersebut selama kurang lebih 20 menit. Kemudian, masukkan daun pandan, gula pasir, serta garam secukupnya, lalu aduk dan masak hingga mengental. Setelah itu, lanjutkan dengan membuat sausnya, dengan cara merebus santan bersamaan dengan daun pandan dan garam secukupnya, hingga mendidih. Untuk menyajikannya, siapkan es serut di atas mangkuk, kemudian siram dengan kacang merah dan susu.

3. Es Krim

Jika umumnya ada es krim kacang hijau, kini tidak ada salahnya membuat es krim rasa kacang merah sebagai inovasi baru. Selain menyegarkan, es krim yang dibuat dari bahan ini pastinya akan menyehatkan. Untuk membuatnya hanya membutuhkan bahan susu cair sebanyak 100 ml, 200 gram kacang merah yang dihaluskan, 150 gram gula pasir, serta whipped cream 200 ml.

es krim rasa kacang merah sop buah

Untuk membuatnya, anda tinggal menghaluskan kacang merah yang telah dimasak bersamaan dengan susu cair, gula pasir dan whipped cream. Apabila sudah dihaluskan dengan blender, maka saring kacang merah dan diamkan pada sebuah wadah. Setelah itu, anda tinggal memasukkan ke dalam freezer hingga beku. Bila ingin tekstur yang lebih halus, anda bisa memixernya lagi.

Kacang merah memang memiliki beragam manfaat yang menyehatkan untuk tubuh. Tak harus dikonsumsi secara langsung, kini mulai banyak ide kuliner yang bisa digunakan untuk menghidangkan bahan ini menjadi makanan yang menggugah selera. Bisa dimasak dengan cita rasa asin, maupun manis seperti es kacang merah dan olahan es krim yang menyegarkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *