Kriteria Kulkas yang Bakal Awet

Kulkas sudah masuk dalam daftar perangkat elektronik yang wajib dimiliki oleh setiap hunian. Bahkan masyarakat seakan dibuat bingung dengan banyaknya produk kulkas berkualitas yang memiliki keunggulan tersendiri, contohnya seperti kulkas aqua yang terbilang laris di pasaran. Layaknya perangkat elektronik lainnya, kulkas juga kerap terjadi kerusakan jika penggunanya tidak memperlakukannya dengan benar. Berikut tips agar kulkas lebih awet digunakan.

Tips Agar Kulkas Dapat Bertahan Lama

1. Memberikan Perawatan Rutin

Langkah pencegahan sederhana yang bisa dilakukan agar kulkas kesayangan lebih awet adalah memberikan perawatan rutin. Perawatan yang dimaksudkan disini adalah rutin membersihkan bagian dalam kulkas, agar tidak ada sisa makanan maupun minuman yang menumpuk di beberapa sudut tertentu. Ketika kulkas bersih sempurna, maka alat eletronik ini dapat berfungsi optimal layaknya masih baru.

kulkas aqua servis kulkas

Bagian belakang kulkas dan bawah kulkas, merupakan spot yang rentan terkena debu maupun kotoran karena memang kedua bagian tersebut tidak tertutup. Apabila kotoran terus menumpuk tanpa pernah dibersihkan, bukan tidak mungkin jika kulkas rusak dalam waktu dekat. Sebelum hal yang tidak diinginkan terjadi, bersihkan kulkas menggunakan alat vacum cleaner minimal sebulan sekali agar lebih bersih maksimal.

2. Merawat Kelayakan Karet Pintu Kulkas

Merawat kelayakan karet pintu kulkas, merupakan hal sederhana lainnya yang tidak boleh disepelekan karena dapat berpengaruh pada umurnya. Karet tersebut berfungsi agar kulkas tetutup rapat, sehingga hawa dingin yang dihasilkan tidak keluar dari ruangan pendinginnya. Bayangkan apa yang terjadi ketika kulkas kesulitan mempertahakan kesejukan unitnya, maka kulkas tidak berfungsi optimal.

3. Memperhatikan Penempatan Kulkas

Siapa sangka jika lokasi penempatan kulkas yang kurang tepat, ternyata dapat berdampak cukup besar terhadap umur kulkas itu sendiri. Demi menjaga tetap awet dan tidak mudah rusak, menempatkan kulkas di lokasi yang tidak terlalu panas adalah kunci utamanya. Sebab lokasi yang memiliki suhu tingi, membuat prosesor kulkas tidak bisa bekerja optimal. Jika kulkas tidak mampu mendinginkan seperti biasa, mesin akan bekerja jauh lebih keras.

Dalam kondisi ini, tidak butuh waktu lama untuk kulkas merasa lelah dan berujung terjadi kerusakan di beberapa bagian. Ketika hal ini terjadi maka kemungkinannya hanya ada dua, yaitu memperbaikinya atau langsung membeli kulkas yang baru. Sebelum hal yang tidak diinginkan terjadi pada kulkas aqua kesayangan, pastikan untuk menempatkannya jauh dari pencahayaan matahari langsung atau dari oven dan beberapa perangkat rumah tangga lainnya yang sejenis.

4. Mengisi Kulkas dengan Bijak

Jangan biarkan kulkas terisi terlalu penuh, karena kondisi ini dapat menghambat sirkulasi udara dingin. Selain itu, jangan biarkan kulkas terlalu kosong karena mesin akan merasa kesulitan untuk mengisi ruang yang tidak digunakan. Alhasil kulkas tidak bisa bekerja optimal akibat terlalu bekerja terlalu keras di hari sebelumnya. Sebagai pemilik kulkas yang cerdas, penting untuk mengisi ruangan pendinginnya dengan bijak agar terjaga keawetannya.

mengisi kulkas bijak kulkas aqua awet

5. Tidak Meletakkan Barang di Atas Kulkas

Apakah Anda mempunyai kebiasaan untuk meletakkan beberapa barang di atas kulkas ? Sebaiknya segera hentikan sekarang juga, karena kebiasaan buruk ini ternyata termasuk salah satu faktor mengapa kulkas lebih cepat rusak. Bukan karena beban yang tidak bisa ditampungnya, namun bagian atas kulkas merupakan bagian celah untuk mengeluarkan panas yang dihasilkan dari mesinnya. Apabila tertutupi barang, maka hawa panas akan terperangkap di dalam kulkas.

Kulkas umumnya memiliki ukuran cukup besar dan tampak kokoh, namun bukan berarti jauh dari kemungkinan terjadi kerusakan. Pasalnya kulkas masih saja alat elektronik, sehingga kapanpun bisa rusak yang diakibatkan oleh beberapa faktor. Tidak perlu khawatir, sebab Anda hanya perlu mengetahui tips tepat agar kulkas lebih awet hingga beberapa puluh tahun kemudian. Sudahkan Anda mencoba menerapkan tips pada ulasan diatas ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *