Jangan Panik, Yuk Kenali Gejala Umum Virus Corona

Penyakit akibat Virus Corona yang telah mewabah di masyarakat sejak akhir tahun 2019 lalu, belum mereda dan masih sangat mengancam dunia. Para ahli masih terus menyelidiki daya rusak dari Virus Covid-19, dan mencoba membuat vaksin dari virus satu ini. Meski nampak seperti flu biasa, namun Covid-19 lebih berbahaya bahkan dapat menyebabkan kematian. Namun anda jangan langsung panik, berikut kenali beberapa gejala umum dari Virus Corona terlebih dahulu.

Indikasi Terjangkit Virus Corona

1. Batuk Tidak Berdahak

Batuk kering merupakan salah satu tanda yang sangat umum dari infeksi Covid-19. Akan tetapi, batuk yang muncul karena virus ini tidak benar-benar sama dengan batuk biasa, batuk akibat Virus Corona sangat mengganggu. Dan terasa seperti seolah-olah berasal dari sesuatu yang sangat jauh dari dalam dada. Namun WHO sempat memberikan laporan bahwa terdapat juga 33 persen pasien positif Corona yang juga mengalami batuk berdahak yang disertai dengan lendir.

Gejala Umum Virus Corona Penyebab Sesak Napas Saat Hamil

2. Demam

Demam juga merupakan salah satu kunci yang menandakan Virus Covid-19. Namun para ahli tidak memberikan patokan yang pasti mengenai suhu demam yang dialami. Karena setiap individu memiliki derajat suhu deman yang berbeda-beda. Akan tetapi umumnya suhu orang dewasa dalam keadaan normal yaitu 36 hingga 37 derajat celcius. Oleh karena itu, pada saat ini selalu diadakan pengecekan suhu terlebih dahulu sebelum anda memasuki area-area publik seperti mall.

3. Hidung dan Lidah

Meski Virus Corona dapat mengakibatkan bersin serta batuk pilek yang khas dengan flu biasa, namun ia juga dapat mengganggu sistem penciuman dan indra pengecap anda. Virus ini dapat menyebabkan hilangnya indra penciuman parsial atau penuh, yang dikenal dengan sebutan anosmia. Rasa juga dapat terdistrosi, anda akan sulit membedakan rasa ketika terjangkit Covid-19, kondisi ini disebut sebagai dysguesia.

4. Kulit

Kulit juga bisa saja menunjukkan tanda-tanda ketika terjangkit Virus Corona. Beberapa kasus menyebutkan bahwa timbul ruam mirip sarang lebah pada permukaan kulit. Bintik-bintik merah kecil yang disertai dengan warna keunguan pada kaki dan area perut, merupakan bagian kategori kompleks. Yang disebut sebagai paravial dermatoses, dimana hal ini terjadi dari respon kekebalan tubuh terhadap virus yang masuk. Atau bisa juga dari kerusakan pembuluh darah di bawah kulit.

5. Menggigil dan Terasa Sakit di Tubuh

Seorang dari koresponden CNN yang telah dinyatakan positif terinfeksi Virus Corona menyebutkan bahwa ia merasa tubuhnya menggigil serta sakit di sekujur tubuh. Ia bahkan juga mengalami demam tinggi yang terjadi pada malam hari. Meski begitu, para ahli menyebutkan tidak semua orang yang terjangkit Covid-19 akan mengalami reaksi parah seperti itu. Beberapa hanya menunjukkan indikasi flu biasa, seperti batuk dan pilek pada umumnya.

Gejala Umum Virus Corona Menggigil

6. Sesak Nafas

Sesak nafas umumnya menjadi gejala yang muncul apabila penyakit akibat Covid-19 memasuki tahap yang serius. Bahkan indikasi sesak nafas ini bisa saja timbul tanpa didahului oleh gelagat batuk atau pilek. Centers for Disease Control and Prevention atau CDC telah memberikan penjelasan mengenai tanda-tanda darurat tersebut. Yaitu rasa sakit yang sangat menekan di bagian dada, hingga menyebabkan dada terasa seperti diikat dengan kuat.

Itulah beberapa tanda atau indikasi yang bisa terjadi apabila seseorang terjangkit wabah Covid-19. Gelagat tersebut bisa saja muncul secara bersamaan, atau hanya muncul salah satunya saja. Terlebih lagi beberapa waktu lalu, WHO menyebutkan sebagian orang bahkan tidak menunjukkan tanda apapun ketika terinfeksi. Maka sebaiknya selalu waspada dan tetap ikuti protokol kesehatan yang ada untuk mengurangi risiko terjangkit Virus Corona.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *