Ingin Tubuh Tetap Sehat? Yuk Cari Tahu 6 Manfaat Serat yang Bisa Dikonsumsi

Serat berguna untuk melancarkan pencernaan, karena Ia akan mengikat air sehingga feses mudah dikeluarkan. Maka dari itu setiap individu disarankan untuk mengonsumsi makanan berserat. Hal tersebut perlu dilakukan untuk menghidari terjadinya sembelit, atau gangguan pencernaan lainnya. Bisa dibayangkan apabila terserang sakit pencernaan terus menerus, tentunya sangat menganggu aktivitas. Berikut ulasan tetang manfaat serat untuk tubuh.

Beri Jadwal untuk Konsumsi Makanan Berserat

1. Mengatur Berat Badan

Makanan tinggi serat biasanya memberi efek kenyang lebih lama untuk perut. Dibandingkan makanan dengan kadar gula, kandungan serat yang tinggi membuat nafsu makan berkurang. Hal ini karena perasaan kenyang akan mengirim sinyal ke otak, sehingga tidak timbul keinginan untuk makan. Maka dari itu anda disarankan untuk mengonsumsi makanan berserat saat malam hari.

Manfaat Serat yang Tak Pernah Anda Duga

Disamping itu umumnya serat mengandung kalori yang rendah. Sehingga tidak banyak sumber kalori yang masuk ke dalam tubuh. Jadi bisa anda perkirakan sendiri apabila sedikit kalori yang dicerna oleh tubuh. Hal ini menjadi pertanda baik bahwa tubuh tidak akan mengalami kenaikan berat badan secara drastis. Manfaat serat tersebut membuat tubuh punya pengaturan berat badannya baik akan mencegah terjadinya obesitas.

2. Mengontrol Kadar Gula Darah

Bagi anda yang memiliki resiko diabetes disarankan untuk konsumsi makanan berserat. Hal ini karena serat dapat memperlambat pengosongan lambung. Sehingga bisa menurunkan kadar penyerapan gula oleh tubuh. Proses ini bisa menyebabkan kadar gula darah tidak cepat naik. Sedangkan bagi seseorang yang tidak terindikasi adanya diabetes, kandungan serat tinggi akan mencegahnya dari resiko diabetes.

3. Menurunkan Kolestrol

Serat yang mudah larut dalam air dapat menurunkan kadar kolestrol jahat dalam darah. Ia bisa mengikat kolestrol dalam sistem pencernaan, sehingga tidak sempat diserap oleh tubuh. Hasil dari proses tersebut langsung dibuang keluar tubuh melalui feses setiap buang air besar. Tidak heran apabila makanan tinggi serat bisa menurunkan tekanan darah. Selain itu apabila makan makanan sehat secara rutin dapat mencegah terjadinya peradangan.

4. Melancarkan Pencernaan

Serat yang mengandung air dapat meningkatkan berat dan ukuran dari feses. Jadi membuat feses teksturnya lebih lunak sehingga mudah untuk dikeluarkan melalui anus. Hal ini menandakan bahwa pencernaan tubuh bekerja dengan baik. Beda cerita apabila tekstur feses keras berarti tubuh kurang asupan makanan berserat. Jika dibiarkan berlarut maka dapat menimbulkan sembelit, dan bisa berkembang menjadi wasir atau hemoroid.

5. Memelihara Kesehatan Usus

Jika anda mengonsumsi makanan berserat secara rutin, artinya ikut menjaga kesehatan usus sendiri. Dalam jangka panjang anda turut mengurangi resiko terkena ambeien dan penyakit divertikular. Serat yang dapat dicerna oleh tubuh dapat menurunkan resiko kanker kolorektal. Dimana kanker tersebut dapat terjadi pada kanker usus besar atau dinding rektum.

Serat Hanya Ada pada Sayur dan Buah Mitos atau Fakta manfaat serat

6. Membantu Hidup Lebih Sehat

Rajin mengonsumsi makanan berserat tinggi dapat menurunkan resiko kematian. Karena serat dapat mencegah terjadinya resiko penyakit jantung serta resiko kanker. Oleh sebab itu anda disarankan untuk mengatur jadwal kapan harus memakan makanan berserat. Dengan pola hidup sehat seperti ini bisa membuat peforma tubuh lebih segar dan bugar setiap saat.

Mengatur pola makan sangat diperlukan untuk tubuh, supaya badan tetap terlihat sehat dan bugar. Ada banyak sumber makanan berserat mulai dari buah-buahan hingga sayur-sayuran. Sumber makanan dengan serat tinggi akan memberi efek kenyang untuk tubuh. Sehingga tubuh tidak akan mengalami kenaikan berat badan secara drastis. Jikas asupan nutirisi baik maka kesehatan tubuh akan terjaga dalam jangka waktu yang lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *