Cegah Tagihan Membengkak, Berikut 5 Tips Hemat Listrik yang Bisa Dicoba

Saat ini listrik sudah menjadi kebutuhan yang tak bisa dipisahkan dari manusia. Semakin banyak barang elektronik yang ada di rumah maka akan semakin banyak juga tagihan listrik yang harus dibayar. Hal ini tentunya membuat pengeluaran bulanan semakin membengkak, sehingga anda membutuhkan tips hemat listrik. Jika hal ini dibiarkan tentu anda akan semakin kesulitan mengelola keuangan untuk keperluan rumah tangga. Berikut beberapa cara menghemat biaya listrik yang bisa dicoba.

Tips Menghemat Biaya Listrik di Rumah Secara Efektif

1. Mencabut Saklar Ketika Tidak Dipakai

Membiarkan peralatan terhubung pada saklar ketika sedang tidak digunakan akan membuat pemakaian listrik semakin banyak. Sayangnya banyak orang yang sering lupa mengisi daya pada gadget atau membiarkan kipas angin tetap menyala meskipun ruangan tidak terlalu panas. Tentunya kebiasan ini harus anda hindari jika memang ingin menghemat tagihan listrik. Agar tidak sering lupa, anda bisa memberikan catatan kecil yang dapat ditempelkan pada barang elektronik tersebut.

tips hemat listrik tips hemat energi

2. Memakai Listrik dengan Sistem Pulsa

Cara kedua yang bisa anda lakukan yaitu dengan memakai listrik dengan sistem pulsa. Penggunaan listrik dengan sistem ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan yang sudah anda terapkan sebelumnya. Tentunya hal tersebut akan membantu anda untuk mengendalikan pemakaian listrik yang berlebihan. Jika pulsa listrik di rumah habis, maka semua barang elektronik yang tersambung dengan aliran listrik akan terputus. Dengan demikian, anda perlu membeli pulsa agar anda bisa menggunakannya lagi.

3. Mematikan Lampu Ketika Tidak Digunakan

Salah satu kebiasaan yang sering dilupakan banyak orang sehingga dapat memperbanyak biaya tagihan listrik yaitu membiarkan lampu menyala meskipun ruangan tidak membutuhkan penerangan. Membiarkan lampu tetap menyala di siang hari dapat menambah penggunaan listrik itu sendiri. Padahal di waktu tersebut anda bisa memanfaatkan cahaya matahari untuk mengurangi penggunaan listrik. Sebaiknya tetapkan aturan mematikan 2 lampu dari jam 17.00 hingga 20.00.

4. Tidak Menyalakan Alat Elektronik Ketika Tidur

Hal Yang sering dilakukan banyak orang yaitu membiarkan TV menyala ketika sedang tidur. Tidak hanya itu, kebiasan buruk yang dapat memperbanyak tagihan listrik seperti menyalakan lampu atau membiarkan gadget dalam proses pengisian baterai juga masih sering dilakukan banyak orang. Padahal ketika anda sedang tidur secara otomatis alat elektronik tersebut tidak dibutuhkan. Oleh sebab itu, sebaiknya anda mematikan alat elektronik sebagai tips hemat listrik.

tips hemat listrik

5. Mematikan AC Ketika Tidak Diperlukan

Sebenarnya mesin pendingin memakan listrik yang lebih banyak daripada peralatan elektronik yang lain. Apabila anda memakai AC di rumah sebaiknya gunakan AC yang hemat energi yang memiliki kemampuan untuk meningkatkan suhu atau mati secara otomatis ketika ruang tersebut sedikit orang atau tidak ada orang sama sekali. Anda juga bisa menyesuaikan suhu AC dengan luas ruangan dengan jumlah orang yang ada di dalamnya.

Suhu sekitar 20 derajat celcius dirasa cukup dingin jika dalam sebuah ruangan hanya da lima orang saja. Selain itu, anda juga perlu memperhatikan penggunaan pendingin kulkas dengan cara tidak mengisinya terlalu penuh. Sebaiknya jangan membuka kulkas terlalu lama karena akan membuat mesin bekerja lebih keras sehingga menyebabkan pemakaian listrik lebih banyak. Cara menekan biaya tagihan listrik ini dirasa cukup ampuh dan perlu anda terapkan.

Itulah beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengurangi pemakaian listrik. Ketika tagihan listrik berkurang, maka anda bisa menggunakan biaya tersebut untuk kebutuhan yang lain. Tak hanya menguntungkan bagi anda, menghemat listrik juga menjadi salah satu cara untuk melindungi bumi. Penghematan listrik juga berguna agar anak cucu anda tetap bisa memanfaatkan energi ini di masa yang akan datang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *