Cegah Penyakit dengan 6 Makanan Sehat yang Bisa Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Berada di kondisi krusial dimana virus bisa menyerang tubuh dengan mudah. Maka anda harus ekstra ketat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Salah satunya ialah mengontrol pola makan dan sumber makanan yang didapat. Karena apapun yang masuk ke dalam tubuh harus bisa dicerna oleh pencernaan. Perlu waspada tinggi dalam memilih mana makanan sehat dan bukan. Tujuannya untuk menstimulasi sistem imun tubuh agar tetap kuat.

Rekomendasi Makanan Sehat untuk Tubuh

1. Buah Jeruk

Kandungan vitamin C dalam buah ini bermanfaat untuk meningkatkan produksi sel darah putih. Ia menjadi kunci utama untuk memerangi infeksi serta menangkal radikal bebas. Karena tubuh tidak bisa menyimpannya terlalu lama, maka anda memerlukan konsumsi lanjutan secara rutin. Jenis buah jeruk apapun mengandung vitamin C yang serupa, jadi tinggal dipilih sesuai selera. Untuk variasi menu anda bisa mengolahnya menjadi jus jeruk.

sistem imun dari buah Jeruk Baby

2. Brokoli

Bicara tentang zat hijau yang baik anda boleh mengunggulkan sayuran brokoli. Di dalam sayuran ini terdapat vitamin A, C, dan E yang kaya vitamin dan mineral. Brokoli mempunyai zat antioksidan yang mampu menangkal segala sumber penyakit. Apabila dikonsumsi secara rutin, makanan berserat ini bisa meningkatkan sistem imun tubuh. Untuk mempertahankan kekuatan brokoli, anda harus memasaknya sampai benar-benar empuk.

3. Bawang Putih

Banyak orang yang menyepelekan manfaat kesehatan dari bumbu dapur ini. Padahal para dokter mengakui kelebihannya dalam memerangi infeksi. Kandungan antioksidan dalan bawang putih dapat menurunkan tekanan darah. Selain itu Ia juga berkhasiat untuk memperlambat pengerasan pembuluh darah. Dalan bawang putih mengandung konsentrasi senyawa belerang, untuk menstimulasi kekebalan tubuh.

4. Bayam

Serat hijau ini dikenal mempunyai kandungan vitamin C yang baik untuk kesehatan. Namun ternyata ada antioksidan dan beta karoten yang kadarnya lebih banyak. Kandungan tersebut dapat melawan infeksi yang sempat menganggu kekebalan tubuh. Anda disarankan untuk mengolahnya menjadi masakan ringan dan sekali makan. Tujuannya untuk meningkatkan vitamin A dan memungkinkan asam oksalat melepas nutrisi lainnya.

5. Yogurt

Cobalah untuk mengonsumsi yogurt tawar tanpa adanya campuran pemanis buatan. Maka Ia akan menjadi sumber vitamin D yang hebat, supaya bisa mengatur sistem kekebalan tubuh. Sehingga akan meningkatkan pertahanan alami agar tubuh kebal terhadap berbagai penyakit. Jika kurang menyukai rasa asam dari yogurt anda bisa menambahkan buah atau madu. Selain itu yogurt juga mengandung zat besi untuk mestimulasi kecerdasan otak.

ini Reaksi Sistem Imun Tiap Orang Berbeda ketika Berhadapan dengan Virus Corona

6. Almond

Tidak banyak yang tahu bahwa almond mampu mencegah pilek dan meredakan batuk. Kandungan vitamin E di dalamnya dapat membentuk kekebalan tubuh, sehingga badan terlihat lebih sehat. Selain itu lemak sehat turut menstimulasi imun tubuh supaya bisa memerangi beragam radikal bebas yang masuk. Sebenarnya tidak hanya almond saja tetapi jenis kacang-kacangan lainnya juga.

Anda bisa memberi jadwal rutin untuk mengonsumsi kacang almond. Tentunya di sela-sela kebutuhan nutrisi pokok untuk tubuh. Perlu diingat sumber makanan ini hanya pendamping, jadi tidak untuk dijadikan sebagai makanan pokok. Jadi tujuan mengonsumsinya hanya untuk menunjang kekebalan tubuh. Supaya terus menguat sehingga kesehatan tetap terjaga.

Tidak semua makanan mengandung sumber vitamin yang baik untuk tubuh. Oleh sebab itu anda harus berhati-hati dalam memilihnya. Usahakan pilih sumber makanan yang sehat dan mengandung zat baik untuk kesehatan tubuh. Tidak masalah apabila harganya sedikit mahal yang terpenting membuat kekebalan tubuh meningkat. Apabila imun tubuh baik maka anda tidak perlu khawatir tentang bahaya berbagai penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *