Apa sih Kategori AC Hemat Listrik?

Memiliki AC hemat listrik tentu mendatangkan banyak keuntungan dibandingkan AC biasa pada umumnya. Pasalnya membeli AC yang hemat listrik akan lebih menguntungkan karena hemat listrik. Bagi anda yang masih merasa asing dengan AC hemat listrik, ada baiknya untuk mengetahui ciri cirinya terlebih dahulu. AC 1 pk hemat listrik memiliki ciri yang berbeda sehingga akan sangat menguntungkan para penggunannya. Berikut ciri AC hemat listrik yang perlu anda tahu.

Ciri Ciri AC Hemat Listrik yang Perlu Anda Tahu

1 AC Intrever

AC dengan Inverter akan sangat memungkinkan untuk menghemat daya listrik. Dengan adanya inverter kerja kompesor menjadi tinggi untuk mendinginkan ruangan dengan cepat. Setelah mendekati suhu yang disetting oleh kompresor maka akan memperlambat dan mempertahankan suhu dengan konstan. AC Inverter menjadi AC yang hemat listrik jika mulai dilakukan pemasangan dengan benar.

AC 1 pk hemat listrik

2. AC Soft Start

Belum banyak AC yang memiliki fitur soft start AC yang memiliki sirkuit pengendalian listrik yang bekerja saat AC dihidupkan. Soft start ini akan menggunakan arus listrik yang rendah untuk menghidupkannya. Dengan konsumsi listrik yang rendah maka bisa menghemat energi dalam pemakaian AC di dalam ruangan. Anda bisa menggunakan AC dengan tipe satu ini untuk membuat ruangan terasa lebih segar dibandingkan sebelumnya.

3. Nilai COP Dan EER Tinggi

Perlu diketahui jika makin tinggi nilai COP dan EER maka AC yang anda gunakan memiliki maka akan menaikkan tingkat efisiensi listrik menjadi lebih baik. COP merupakan singkatan dari Coefficient Of Performance yang berguna untuk menghitung pemakaian. Untuk menghitung AC 1 PK hemat listrik untuk COP maka anda harus membandingkan kilowatt AC dengan Watt Ac. Semakin tinggi nilainya maka semakin bagus untuk menghemat penggunaan energi.

EER sendiri merupakan singkatan dari Energy Efficiency Rating yang juga terdapat di dalam AC. Cara menghitungnya pun cukup dengan membandingkan BTU dengan watt. Makin tinggi EER AC maka semakin tinggi pula tingkat efisiensi listrik yang lebih baik. Dengan begitu maka pemakaian AC anda akan jauh lebih hemat dan tidak boros listrik dalam penggunaannya. Anda bisa memperhatikan nilai COP dan EER untuk memastikan AC sudah dilengkapi dengan fitur hemat listrik.

4. AC Soft Colling

Dengan adanya fitur fast cooling maka dapat mendinginkan ruangan dengan cepat. Contohnya untuk mencapai suhu 18 derajat maka anda hanya membutuhkan waktu kurang lebih 7 menit saja. Fast cooling memberikan proses pendinginan yang cepat hingga 40 persen dibandingkan AC biasa. Dengan menggunakan AC fast cooling maka bisa lebih cepat untuk mendinginkan ruangan dan akan membuat settingan tidak terlalu rendah sehingga lebih baik untuk kinerja AC.

AC 1 pk hemat listrik LG AC Inverter

5. AC Daya Rendah

Makin rendah ukuran daya yang digunakan oleh AC maka semakin lebih hemat listrik. Misalnya AC 300 watt lebih hemat dari AC 900 Watt. Pada umumnya nilai Watt yang dicapai saat AC digunakan dapat diketahui dari nilai BTU. Misalnya Nilai BTU mencapai 8500 (4100 – 12300) dan watt 520 (185 – 920). Artinya saat AC sedang bekerja dengan kemampuan maksimal di BTU 12300 maka daya konsumsinya bisa mencapai 920 watt.

Dengan menggunakan AC hemat listrik maka anda tidak perlu membayar tagihan lebih besar dari biasanya. AC hemat listrik juga jauh lebih hemat dibandingkan dengan AC biasa. Anda bisa memperhatikan ciri dari AC hemat energi agar tidak salah dalam membelinya. Menggunakan AC hemat listrik juga jauh lebih menguntungkan dan aman di kantong. Tunggu apalagi, yuk segera gunakan AC hemat listrik untuk ruangan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *