6 Tips Agar Bisnis Tidak Bangkrut Diterjang Pandemi Virus Corona

Munculnya wabah Virus Corona mau tidak mau berdampak pada pola interaksi suatu usaha dengan pelanggan. Masyarakat yang lebih banyak berdiam diri di rumah, membuat banyak bisnis mengalami penurunan penjualan. Virus satu ini juga telah banyak mempengaruhi roda bisnis, bahkan baberapa usaha akhirnya bangkrut dan gulung tikar. Jika anda merupakan salah satu pelaku usaha, yuk simak tips mempertahankan bisnis di masa pandemi.

Tetap Berdiri di Tengah Krisis Covid-19

1. Kelola Keungan Bisnis dengan Baik

Hal pertama yang perlu anda lakukan untuk mempertahankan bisnis di tengah masa pandemi yaitu mengelola keuangan bisnis anda dengan tepat. Sebaiknya anda juga lebih berhemat, karena wabah Covid-19 ini ditakutkan dapat memicu krisis finansial yang makin memburuk. Agar napas usaha bisa terus bertahan, maka sebaiknya anda menekan beberapa pengeluaran. Seperti menekan biaya operasional melalui tagihan listrik, air, serta internet yang ada.

Bangkrut Diterjang Pandemi itu

2. Menjaga Hubungan yang Baik dengan Pelanggan

Di situasi yang sulit seperti ini, sebagai pemilik bisnis, anda perlu menunjukkan sikap empati kepada para pelanggan atau klien. Bisa melalui kanal media sosial yang usaha anda miliki, atau dapat juga dengan mengirimkan surat elektronik kepada para pelanggan setia. Pilih bahasa yang penuh empati, susun kalimat sedemikian rupa, sehingga para pelanggan dapat menangkap pesan yang berisi bahwa bisnis anda hadir untuk memudahkan mereka.

3. Promosi yang Tepat

Saat ini merupakan saat yang tepat dalam membuat promosi. Namun, anda perlu merancang promosi yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan di tengah situasi seperti sekarang. Sebagai contoh, setiap pembelian produk bisnis anda sejumlah tertentu, maka akan mendapatkan satu set masker kain serta hand sanitizer gratis. Jika anda dapat merancang program promosi yang sesuai, maka para pelanggan dengan sendirinya akan tetap setia pada usaha anda.

4. Metode Pemasaran yang Kreatif

Selain program promosi, anda juga perlu menggali metode atau cara yang kreatif untuk mempertahankan penjualan. Anda tentu harus mengoptimalkan pemasaran secara digital, karena untuk saat ini masyarakat lebih banyak berinteraksi dengan cara virtual. Manfaatkan berbagai media, seperti aneka ilustrasi atau meme, video yang lucu atau mengharukan, hingga surat elektronik yang unik dan bersifat personal. Kuncinya yaitu sesuaikan konten dengan target pasar anda.

5. Beri Pengertian pada Karyawan

Pada masa yang cukup memprihatinkan seperti sekarang ini, maka penting untuk anda serta seluruh kru untuk saling bahu membahu memperkuat bisnis yang ada. Jadi, coba bicara secara personal dengan para karyawan bahwa fokus anda saat ini yaitu mempertahankan kelangsungan usaha. Sehingga para pekerja diminta untuk lebih mengerti dan melupakan sejenak mengenai kenaikan gaji atau pemberian bonus. Katakan bahwa hal tersebut hanya bersifat sementara saja.

Bangkrut Diterjang Pandemi ini

6. Jangan Berhenti

Tidak ada satu pun orang yang mengatakan bahwa situasi ini mudah bila anda berpikir positif. Tidak ada jaminan yang menyebutkan bahwa jika berpikir positif, maka Virus Corona akan segera berakhir. Namun, anda benar-benar harus mencoba tidak memiliki sugesti bahwa usaha yang anda jalankan akan bangkrut akibat pandemi. Coba atasi stres dan rasa panik dengan baik, sehingga akhirnya keputusan bisnis yang anda ambil pun akan lebih matang dan rasional.

Meski sekarang merupakan saat-saat yang sangat sulit, namun bukan waktunya untuk berhenti dan menyerah. Anda perlu terus memasarkan produk yang anda miliki, berusaha maksimal dalam menciptakan penjualan, menggaet para pelanggan baru dan terus mempertahankan pelanggan yang setia. Tetap optimis dan lakukan berbagai macam inovasi baru agar keberlangsungan usaha tetap dapat terlaksana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *