6 Jenis Jenis Usaha Yang Kamu Wajib Tahu

Di Indonesia banyak usaha yang dapat anda jalankan untuk memenuhi kebutuhan hidup, tetapi tidak hanya itu. Banyak pula yang menjalankan bisnis sebagai usaha sampingan agar dapat penghasilan tambahan. Beragam jenis bisnis yang anda jalankan dapat dilabeli dengan berbagai badan usaha yang memiliki jenis dan definisi berbeda beda. Memahami berbagai badan usaha ini sangat penting, agar usaha anda tepat sasaran. Yuk intip ulasannya secara lengkap di bawah ini!

Beragam Usaha yang Kamu Wajib Tahu

1. Firma

Badan usaha pertama ini dijalankan oleh dua orang atau lebih dengan nama bersama. Pemilik jenis jenis usaha ini melakukan kerja sama untuk menjalankan segala aktivitas usahanya. Dalam badan usaha ini, anda memiliki tanggung jawab yang tidak terbatas dan dapat berwenang untuk mengambil segala keputusan untuk kemajuan firma. Firma bukan badan hukum, melainkan hanya sebutan untuk anggota yang bersama sama menjalankan sebuah usaha bersama.

Jenis Usaha Ekonomi yang Dikelola Sendiri dan Contohnya jenis jenis usaha

2. CV (Persekutuan Komanditer)

Untuk badan usaha satu ini dapat didirikan oleh dua orang yang memiliki tanggung jawab yang berbeda. Keduanya memiliki kerja sama dan perjanjian untuk mendirikan sebuah usaha dengan ketentuan satu orang bersedia mengatur usaha ini. Tidak hanya itu, orang tersebut harus bertanggung jawab penuh dengan kekayaannya untuk segala aktivitas usaha. Sedangkan orang kedua hanya menanamkan modal untuk CV tanpa bersedia memimpin perusahaan tersebut.

3. PT (Perseroan Terbatas)

Badan usaha satu ini merangkap sebagai badan hukum yang memiliki perjanjian khusus. Para pendirinya terdiri atas pemegang saham yang disebut sebagai stockholder. Tanggung jawab yang mereka miliki terbatas pada hutang hutang perusahaan yang terjadi selama proses aktivitas usaha dan bergantung pada modal yang telah mereka tanamkan. Tanggung jawab atau wewenang yang mereka miliki berarti ditentukan dari banyaknya modal yang dimiliki.

4. Usaha Milik Negara

Negara memiliki beberapa usaha, pertama Perseroan Terbatas Negara atau yang lebih dikenal Persero. Usaha ini dimiliki oleh negara, tetapi untuk penambahan modal dibuka untuk pihak swasta yang ingin menyuntikkan dananya. Kedua Perusahaan Daerah atau yang biasa disingkat menjadi PD. Saham yang dimiliki oleh perusahaan ini miliki Pemda dengan tujuan didirikannya untuk pembangunan daerah dan memajukan daerah setempat menjadi lebih baik.

jenis jenis usaha

Ketiga Perusahaan Negara Umum atau yang dikenal dengan Perum. Jenis jenis usaha ini memiliki modal dari pemerintah, tetapi penanaman modal dapat pula ditawarkan kepada pihak swasta. Keuntungan dari perusahaan ini ditujukan untuk kesejahteraan masyarakat. Keempat Perjan atau perusahaan negara jawatan yang memiliki fasilitas fasilitas dari negara. Tujuan dari kegiatan usahanya untuk kesejahteraan umum atau masyarakat secara luas.

5. Koperasi

Usaha satu ini tentu sudah tidak asing di telinga anda karena Indonesia punya banyak koperasi yang sangat menguntungkan masyarakat. koperasi ini adalah perkumpulan orang orang yang bertujuan untuk mengadakan suatu kerja sama demi kemajuan orang banyak. Biasanya usaha ini ditujukan untuk menampung kegiatan ekonomi di tingkah paling bawah. Oleh karena itu, banyak orang di Indonesia yang mengandalkan koperasi untuk kesejahteraan keluarganya.

Indonesia memiliki beragam usaha yang dijalankan untuk meningkatkan kesejahteraan banyak orang. Mulai dari usaha yang dimiliki perorangan, kerja sama antara dua orang atau lebih, dan yang dimiliki oleh negara. Beragam usaha tersebut tentu didukung modal yang dimiliki oleh pendirinya dan ada pula yang membuka penanaman modal dari pihak lain. Hal itu bertujuan agar dapat meningkatkan aktivitas usaha yang lebih baik dan meningkat. Berminat membuka sebuah usaha?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *