6 Cara Pencegahan Covid-19 yang Tepat Sesuai Anjuran WHO

Wabah Virus Corona memang belum berakhir hingga saat ini, namun masyarakat diminta untuk mulai menghadapi era new normal. Oleh karena itu, penting untuk anda mengetahui dan mempraktekkan cara pencegahan Virus Covid-19 atau yang secara resmi memiliki nama SARS-CoV-2 ini. Untuk itu, berikut terdapat beberapa cara yang tepat sesuai dengan anjuran dari WHO atau World Health Organization. Simak ulasan lengkapnya.

Mencegah Risiko Penularan Virus Corona

1. Hindari Menyentuh Wajah

Virus SARS-CoV-2 ini mampu bertahan hidup di permukaan yang keras hingga kurang lebih 72 jam. Anda mungkin saja bisa terkena virus ketika menyentuh gagang pintu, pegangan tangga, tombol lift, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, jangan menyentuh area wajah dan kepala jika anda belum mencuci tangan. Karena virus yang ada di tangan bisa saja berpindah ke dalam tubuh setelah menempel di area wajah dan terhirup.

Pencegahan Covid-19

2. Mencuci Tangan dengan Sabun

Untuk mencegah tertular Virus Corona, anda harus mencuci tangan sesering mungkin, sebelum dan sesudah beraktivitas. Gunakan air hangat serta sabun, dan gosok tangan minimal selama 20 detik hingga bersih. Anda juga bisa menggunakan sabun antivirus dan antibakteri. Jika sedang berada di laur, sebaiknya sedia hand sanitizer untuk alternatif apabila tidak menemukan air serta sabun. Hal ini bisa menjadi salah satu cara mencegah Covid-19.

3. Hindari Pinjam Meminjam Barang

Sangat penting untuk anda tidak berbagi dan saling meminjam barang, bahkan dengan teman atau sahabat dekat sekalipun. Seperti smartphone, sisir, makeup, apalagi masker. Karena Virus Corona bisa saja tertular melalui barang-barang tersebut. Penting juga untuk membawa peralatan makan dan peralatan sholat pribadi ketika bepergian ke luar. Sehingga anda tidak perlu menggunakan peralatan yang sama dengan orang lain.

4. Jaga Jarak

Jika anda sedang berada di luar rumah, terlebih di tempat umum yang padat akan pengunjung. Sebaiknya lakukan jaga jarak minimal 1 hingga 2 meter jika memungkinkan. Hal ini juga berlaku saat anda menaiki kendaraan umum, sebaiknya duduk di bangku yang tidak terlalu dekat dengan orang lain. Meski saat itu anda sedang bersama dengan teman sekalipun, sebaiknya tetap lakukan physical distancing. Anda dapat berkomunikasi via virtual untuk sementara waktu.

5. Gunakan Masker Kain

CDC atau Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, menganjurkan kepada semua orang untuk menggunakan masker ketika berada di area publik. Karena masker medis kini cukup langka, dan lebih ditujukan pemakaiannya kepada para tenaga medis, maka CDC mengimbau untuk menggunakan masker kain sebagai alternatifnya. Anda bahkan dapat membuat sendiri masker kain tersebut dengan menggunakan bahan dasar seperti kain lap, baju, dan lain sebagainya.

Pencegahan Covid Warga Dunia Tangkal Corona dengan Masker

6. Cuci Bahan Makanan Setelah Dibeli

Cuci selalu semua bahan makanan yang anda peroleh sebelum mengolahnya. Sebab, pada bahan makanan tersebut bisa saja terdapat kuman, bakteri, bahkan Virus Corona yang menempel. Anda dapat mencuci bahan makanan tersebut sebelum disimpan di dalam kulkas dengan menggunakan larutan cuka atau larutan hidrogen peroksida. Larutan tersebut dipercaya cukup efektif untuk membunuh kuman, bakteri, serta virus yang ada.

Itulah beberapa cara untuk mengurangi risiko penularan Covid-19 yang sesuai dengan anjuran dari WHO. Beberapa cara tersebut juga dimasukkan ke dalam protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Dimana setiap warga wajib mengikuti serta menerapkannya ketika berada di area publik. Seperti menggunakan masker, jaga jarak minimal 1 hingga 2 meter, dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *