6 Cara Mudah Meningkatkan Daya Tahan Tubuh yang Perlu Anda Ketahui

Sistem imun mempunyai peranan penting dalam menjaga tubuh agar tidak mudah diserang virus penyebab penyakit. Umumnya sistem imun yang normal akan sangat efisien dalam melawan virus ataupun kuman. Namun ada kalanya sistem imun akan melemah. Untuk itu, sangat penting menjaga dan meningkatkan sistem imun tubuh. Dikutip dari Kompas.com, berikut 6 cara yang tepat untuk bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

6 Cara Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh yang Disarankan Ahli Gizi

1. Konsumsi Makanan Dengan Kandungan Antioksidan dan Serat

Radikal bebas memang diketahui bisa menyebabkan beberapa penyakit. Radikal bebas sendiri mudah didapatkan dari mana pun, entah itu alat elektronik, asap rokok, polusi udara, ataupun metabolisme dalam tubuh. Untuk itu, agar terhindar dari radikal bebas disarankan mengkonsumsi makanan dengan kandungan antioksidan yang tinggi, semacam buah buahan, sayuran hijau, juga biji bijian. Sebab antioksidan mampu menetralisir adanya radikal bebas dalam tubuh.

cara ampuh Meningkatkan daya tahan tubuh

2. Rutin Berolahraga

Penelitian menunjukkan bahwa berolahraga sekitar 30 menit secara rutin setiap hari, bisa meningkatkan kadar leukosit sel darah tanpa warna. Dimana sel darah ini berguna untuk membasmi bakteri yang masuk dalam tubuh, meningkatkan respon antibodi dan T Cell, serta dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Sangat dianjurkan saat melakukan olahraga dilakukan di bawah matahari, sembari menghirup udara segar pagi hari.

3. Hidup Santai dan Hindari Stres

Stres merupakan salah satu sumber penyakit. Semakin berat stres seseorang, maka semakin sedikit antibodi serta sel darah putih yang dihasilkan tubuh. Untuk itu, meluangkan waktu sejenak di tengah kegiatan yang menumpuk sangat dianjurkan. Sebab stres yang berkepanjangan bisa saja menimbulkan beberapa perubahan fisiologis yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh seseorang.

4. Memiliki Tidur yang Cukup

Terlalu letih hingga kurang tidur, menjadi salah satu faktor yang dapat meningkatkan risiko munculnya penyakit serta melemahkan sistem kekebalan tubuh. Perlu diketahui, seseorang yang kurang tidur mudah sekali terserang virus penyebab influenza dan penyakit lainnya. Oleh karena itu, memenuhi standar durasi tidur masing masing individu sangat dianjurkan. Untuk orang dewasa sendiri, standar durasi tidur sekitar 7 hingga 9 jam.

5. Konsumsi Makanan Kaya Mineral dan Vitamin

Agar sistem imun kuat secara menyeluruh, maka perlu mendapatkan pasokan mineral serta vitamin yang optimal. Beberapa vitamin yang perlu dioptimalkan adalah vitamin A, B, C dan E. Sedangkan beberapa mineral seperti zat besi, tembaga, mangan, seng, serta selenium merupakan beberapa jenis mineral utama yang perlu dipenuhi. Sebab sejumlah mineral tersebut ada kaitan dengan aktioksidan, serta dapat menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Meningkatkan daya tahan tubuh

6. Menjaga Asupan Nutrisi Untuk Tubuh Dengan Baik

Agar berfungsi dengan baik, sel sel di dalam tubuh memerlukan nutrisi. Adanya kurang nutrisi bisa menurunkan fungsi sel, hingga dapat mengakibatkan turunnya sistem kekebalan tubuh. Meningkatkan sistem imun tubuh secara efektif dapat dilakukan dengan menjaga kombinasi nutrisi, yakni nutrisi mikro, nutrisi makro, serta serat. Nutrisi makro terdiri dari karbohidrat, lemak, dan protein. Sedangkan nutrisi mikro meliputi mineral serta vitamin.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Saat kekebalan tubuh menurun, maka tubuh akan mudah diserang oleh berbagai virus hingga kemudian jatuh sakit. Saat sakit dan tubuh harus istirahat, maka akan menghambat aktivitas hingga produktivitas pun menurun. Untuk itu, yuk mulai hidup sehat agar tidak mudah terserang penyakit dengan cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *