6 Buah Berserat Tinggi yang Wajib Dikonsumsi Saat Program Diet

Bagi seorang wanita menjalankan program diet sangat diperlukan untuk tubuh. Bukan ditujukan untuk membuat penampilan semakin menarik. Melainkan menjaga berat badan agar tetap pada keseimbangan yang seharusnya. Karena wanita cenderung rawan mengalami bahaya penyakit kardiovaskular, apabila Ia mengalami overweight. Oleh sebab itu untuk mengontrol pola makan, imbangi dengan buah berserat tinggi. Simak ulasan disini.

Kandungan Serat untuk Menurunkan Berat Badan

1. Buah Alpukat

Bisa dibilang buah ini digemari banyak orang karena teksturnya yang lembut. Dalam alpukat terdapat senyawa bioaktif, yang dapat mengurangi resiko terjadinya obesitas. Buah berkulit hijau ini dianggap sebagai sumber serat makanan yang baik. Sehingga akan meningkatkan rasa kenyang sekaligus menurunkan nafsu makan. Anda disarankan untuk mengonsumsi alpukat saat malam hari sebagai pengganti makan malam.

buah berserat tinggi adalah Alpukat

2. Buah Pisang

Biasanya pelaku diet kurang menyukai buah pisang karena mempunyai kalori yang tinggi. Padahal pisang memiliki kekuatan serat tinggi untuk mengontrol berat badan. Selain itu kandungan kalium dan mineral berperan penting untuk menurunkan hipertensi. Buah berserat tinggi ini mengandung serat sebanyak 0,6 gram per 100 gram pisang. Sama seperti alpukat, pisang juga memiliki efek mengenyangkan sehingga menunda lapar saat malam hari.

3. Buah Pepaya

Enzim papaya dapat memecah makanan yang mengandung protein. Kemudian membentuknya dalam berbagai senyawa asam amino. Kandungan tersebut dapat menghilangkan terbentuknya zat yang tidak diinginkan oleh tubuh. Dimana apabila zat itu dibiarkan berkembang dalam tubuh maka bisa menghambat pencernaan. Dengan mengonsumsi buah ini secara rutin, sama halnya anda melancarkan pembuangan sisa metabolisme.

4. Buah Raspberry

Dalam 100 gram raspberry terdapat 6,5 gram serat makanan, yang mampu memberi efek kenyang. Kandungan dalam buah ini bisa mencegah peningkatan lemak dan obesitas bagi seorang wanita. Apabila mengonsumsi raspberry secara rutin dapat menurunkan berat badan. Selain itu kandungan seratnya bisa meningkatkan kekebalan tubuh, dan mecegah terjadinya resiko kanker. Anda bisa memakan buah ini secara langsung atau mengolahnya jadi jus.

5. Buah Jambu Biji

Buah berkulit hijau muda ini kurang disukai karena rasanya cenderung asam. Tetapi bagi anda yang menjalankan program diet diwajibkan untuk mengonsumsinya. Hal ini karena jambu biji memiliki kalori yang rendah tetapi berserat tinggi. Zat baik di dalamnya mampu mengatur profil lipid untuk mencegah terjadinya kolestrol. Selain itu jambu biji dapat mengontrol kadar gula darah.

buah berserat tinggi adalah jambu biji

6. Buah Kiwi

Apabila anda mengalami masalah pencernaan seperti sembelit, maka harus mengonsumsi buah kiwi. Dalam 100 gram kiwi mengandung 3 gram serat makanan, yang mampu menunda lapar sementara. Meskipun padat nutrisi tetapi buah kulit hijau ini bisa larut dalam tubuh. Kandungan enzim actinidain akan membantu proses pencernaan, sehingga maknan bisa dicerna dengan baik.

Buah kiwi juga termasuk makanan berkalori rendah, jadi cocok dijadikan makanan pendamping untuk diet. Anda disarankan untuk memakan buah ini setelah sarapan atau makan siang. Tidak diperbolehkan mengonsumsi buah sebelum memenuhi nutrisi pokok. Perlu diingat bahwa buah hanya berfungsi untuk menstimulasi kekebalan tubuh.

Mengonsumsi buah sangat disarankan untuk menetralisir karbohidrat dan protein. Sehingga kedua zat tersebut bisa melunak dan diserap tubuh dengan baik. Ada banyak buah yang bisa anda konsumsi dan mengandung vitamin serta mineral tinggi. Kandungan dalam buah akan membantu untuk meningkatkan imun tubuh. Jadi bisa dibilang buah memiliki peran penting dalam menangkal radikal bekas yang hendak masuk ke tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *