5 Tahapan Cuci Tangan Yang Bisa Diajarkan Ke Anak

Usia anak anak menjadi salah satu kondisi yang rentan untuk terkena kuman. Untuk itu, di tengah mewabahnya virus corona, sebagai orang tua maka anda pun perlu mengajarkan bagaimana cara yang tepat untuk cuci tangan dengan benar. Hal ini bertujuan untuk terhindar dari terkena risiko bakteri dan juga virus yang saat ini mengkhawatirkan. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

Langkah Langkah yang Benar Dalam Mencuci Kedua Telapak Tangan

1. Gosoklah Kedua Telapak Tangan

Cara untuk mencuci kedua tangan dengan benar adalah dengan menggosok telapak tangan. Hal ini dikarenakan bagian satu ini banyak mengandung kuman dan juga bakteri. Ketika berkeringat, maka hal tersebut akan mengumpul di telapak tangan. Sehingga, sebelum si kecil melakukan berbagai macam aktivitas, terutama makan maka sebaiknya untuk mencuci kedua telapak tangan dengan benar.

cuci tangan duu

2. Menggosok Telapak Kiri di Atas Punggung Tangan Kanan dan Sebaliknya

Setelah anda memberi tahu cara menggosokkan telapak tangan satu dengan yang lain, maka anda pun perlu melanjutkan ke tahap selanjutnya yakni punggung tangan. Hal ini juga merupakan area yang memiliki potensi untuk menyimpan berbagai virus dan kuman. Untuk itu, anda pun jangan sampai melewatkan untuk mengajarkan cara mencucinya yang benar.

Caranya sendiri yakni dengan menggosok punggung tangan kanan dengan telapak tangan kiri. Gosoklah secara lembut dan perlahan serta tidak terburu buru. Setelah punggung tangan kanan dibersihkan, maka anda pun bisa ke tahap berikutnya yakni dengan menggosok punggung tangan kiri dan digosok dengan menggunakan telapak tangan kanan.

3. Gosoklah Telapak Tangan Dengan Posisi Jari Saling Terkait

Selanjutnya, anda bisa menggosok telapak tangan dengan posisi jari saling terkait. Dengan begitu, cara ini akan bertujuan untuk membersihkan kotoran maupun bakteri dan virus yang ada di sela sela jari tangan si kecil. Untuk caranya sendiri adalah dengan merapatkan kedua telapak tangan dan saling mengait ke seluruh jari yang dimiliki si kecil. Kemudian, gosoklah sela sela jari anak anda tersebut.

4. Dengan Memutar Punggung Jari di Atas Telapak Tangan

Untuk cara ini juga bisa anda ajarkan kepada si kecil. Dimana punggung jari tersebut akan bisa ikut untuk dibersihkan. Busa pada sabun pun bisa terkena dengan maksimal nantinya. Caranya cukup mudah, yakni hanya dengan meletakkan punggung jari tangan kiri di atas telapak tangan kanan. Kemudian, anda pun bisa memutarkan jari tersebut di atas telapak tangan dan lakukan hal yang sebaliknya.

cuci tangan pakai sabun punggung tangan

5. Gosokkan Jempol Memutar Di Telapak Tangan Dan Kuncupkan Jari

Untuk tahap terakhir, maka anda bisa menggosokkan jempol di telapak tangan. Cara untuk cuci tangan satu ini bertujuan untuk menghilangkan kotoran yang ada di sekeliling jempol ikut terbilas. Selanjutnya, anda bisa mengajarkan untuk menguncupkan tangan dan memutarnya di telapak tangan yang lain. Cara ini bisa berguna untuk membersihkan daerah kuku, agar semakin bersih dan terhindar dari virus. Ada baiknya anda juga mengajarkan si kecil untuk memotong kuku.

Itulah beberapa tahapan yang perlu untuk anda lakukan ketika ingin mengajarkan kepada si kecil bagaimana cara mencuci kedua tangan dengan benar. Di masa penyebaran covid 19. Langkah tersebut memang lah wajib untuk dilakukan. Hal ini bertujuan agar mampu untuk menghentikan penyebaran dan membuat tubuh tetap sehat. Untuk itu, bagi orang tua ada baiknya anda mulai untuk menerapkan langkah satu ini untuk si kecil agar tetap sehat dan terhindar dari virus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *