5 Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Kerja Yang Perlu Anda Ketahui

Rasa kantuk akan timbul ketika tubuh anda kekurangan oksigen ataupun tubuh sedang mengalami kelelahan yang berlebih. Hal itulah yang menyebabkan tubuh anda membutuhkan istirahat yang cukup. Pada umumnya, manusia dianjurkan tidur selama 8 jam. Namun, untuk beberapa orang tetap merasa ngantuk meskipun telah tidur cukup. Apabila rasa kantuk itu muncul ketika anda bekerja tentu membuat tidak nyaman. Berikut tips Cara menghilangkan ngantuk saat kerja yang perlu anda ketahui.

Tips Menghilangkan Rasa Ngantuk Saat Bekerja

1. Melakukan Olahraga Kecil

Ketika bangun pagi, cobalah untuk melakukan olahraga ringan seperti basic yoga ataupun stretching. Anda dapat mencari gerakkan yang efekif untuk membuat tubuh anda menjadi lebih segar. Untuk mengubah kebiasaan atau rutinitas bukanlah hal yang mudah namun semua itu butuh perjuangan. Agar ketika bekerja, anda tidak mudah merasakan ngantuk saat di kantor. Dengan kondisi yang sehat dan bugar maka tubuh anda tidak akan mudah merasa ngantuk.

cara menghilangkan ngantuk saat kerja tips menghilangkan rasa ngantuk saat bekerja bergerak

2. Mencoba Untuk Tidur Singkat

Rasa mengantuk bisa diatasi dengan tidur sejenak disela sela jam istirahat. Hal ini sangat ampuh untuk mengatasi rasa ngantuk yang berlebihan saat di kantor. Cobalah pejamkan mata dan tidur sekitar 15 sampai 30 menit. Apabila waktu yang anda miliki singkat, dapat melakukan teknik nano nap yaitu kondisi tidur yang memerlukan waktu sekitar 2 sampai 5 menit. Meski sebentar efek nano nap dapat membuat badan menjadi lebih segar.

3. Mengonsumsi Camilan Sehat Dan Perbanyak Minum Air Putih

Kopi dan makanan manis memang sering dijadikan sebagai camilan untuk mengusir rasa ngantuk saat bekerja. Kafein pada kopi memang mampu menahan ngantuk, tetapi efeknya justru menurunkan kualitas tidur. Sementara gula pada makanan manis dapat membuat anda merasa cepat lelah. Untuk mengatasi rasa ngantuk usahakan anda mengonsumsi camilan yang menyehatkan. Seperti yogurt, cokelat hitam, teh hijau, sayur sayuran, dan buah buahan yang kaya vitamin.

Selain mengonsumsi makanan yang sehat, tubuh anda juga memerlukan mineral yang cukup. Apabila tubuh kekurangan air mineral maka dapat membuat anda merasa tidak fokus. Oleh sebab itu, air putih sangat penting untuk menjaga kadar air dalam tubuh. Proses kerja jantung akan jauh lebih optimal untuk mengantarkan oksigen dan nutrisi ke otak. Cara ini dapat membantu anda menghilangkan ngantuk saat kerja.

4. Melakukan Teknik Pernapasan

Melakukan teknik pernapasan dapat membantu meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh, meningkatkan aliran darah, memperlambat detak jantung, dan menurunkan tekanan pada darah. Cobalah untuk duduk tegak di kursi, fokus untuk bernafas menggunakan perut. Kemudian letakkan tangan kanan di perut tepat berada di bawah rusuk sedangkan untuk tangan kiri berada di dada. Tarik nafas dalam dalam melalui hidung dan biarkan perut mendorong tangan kananmu. Hembuskan sebanyak 10 kali.

cara menghilangkan ngantuk saat kerja Cara mencegah rasa kantuk saat kerja

5. Melakukan Pergerakan Kecil

Ketika bekerja di meja dan mengetik di depan komputer dapat membuat anda tidak bisa banyak bergerak. Padahal, cara yang efektif untuk menghilangkan rasa ngantuk adalah melakukan pergerakan kecil. Apabila rasa ngantuk itu muncul segeralah berdiri dan beranjak dari tempat duduk. Berjalan kaki dapat memicu jantung dan memompa lebih banyak darah sehingga oksigen lancar menuju pembuluh darah dan otak.

Rasa ngantuk dapat mempengaruhi konsentrasi, fokus, hingga produktivitas anda. Oleh sebab itu, usahakan untuk memulai sebuah rutinitas dan pola hidup yang sehat. Dengan begitu tubuh anda tidak akan mudah merasa ngantuk ketika sedang melakukan suatu aktifitas seperti bekerja. Meski demikian, cara paling efektif agar anda tidak mudah mengantuk saat bekerja adalah memperbaiki pola istirahat di malam hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *